PELAKSANAAN PROGRAM LATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERSONEL PKP-PK

Penulis

  • Leony Serbinakrist Br. Sinuraya Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Elisabet Putri Br. Sihaloho Politeknik Penerbangan Indonesia Curug
  • Lina Rosmayanti Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

DOI:

https://doi.org/10.70294/jimu.v2i03.433

Kata Kunci:

Evaluasi program, Perkembangan Berkelanjutan, PKP-PK

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas pelaksanaan program latihan dalam meningkatkan kinerja personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) di bandara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi tinjauan pustaka. Pendekatan ini melibatkan evaluasi literatur yang teliti dengan meninjau beberapa publikasi akademis yang relevan dari berbagai sumber.  Pembahasan dalam penelitian ini mencakup beberapa aspek penting dari program latihan PKP-PK, termasuk efektivitas pelaksanaan program dalam meningkatkan kinerja personel, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan program, serta teknologi dan inovasi dalam pelatihan PKP-PK. Program latihan yang dirancang dengan baik dan dilaksanakan secara efektif telah terbukti meningkatkan kesiapsiagaan personel, kecepatan respons, akurasi pengambilan keputusan, dan koordinasi tim dalam situasi darurat. Faktor-faktor kunci seperti dukungan manajemen, alokasi sumber daya yang memadai, kualitas instruktur, dan integrasi teknologi simulasi canggih juga diidentifikasi sebagai penentu keberhasilan program latihan. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan holistik dan berkelanjutan dalam pengembangan program latihan PKP-PK untuk mencapai peningkatan signifikan dalam kesiapsiagaan dan keselamatan penerbangan di lingkungan bandara.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dewi, N. M. T. (2021). Perlindungan Hukum Bagi Penumpang Pesawat Udara Jika Terjadi Keterlambatan Jadwal Penerbangan Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan. Kertha Wicaksana, 15(2), 122–129.

Hidayatullah, D. S. (2024). Analisis Kinerja Personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran Dalam Mewujudkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(1), 11–21.

Hilal, R. F. (2023). EVALUASI DAN STRATEGI PENINGKATAN FASILITAS UNIT PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK) DENGAN ADANYA PEMBANGUNAN ACCESS ROAD DI BANDAR UDARA NUSAWIRU PANGANDARAN. Flight Attendant Kedirgantaraan: Jurnal Public Relation, Pelayanan, Pariwisata, 5(1), 109–116.

Jumlad, W. (2021). SITUATION AWARENESS PADA AKTIFITAS KERJA PETUGAS PERTOLONGAN KECELAKAAN PENERBANGAN DAN PEMADAM KEBAKARAN (PKP-PK) BANDAR UDARA ADI SUMARNO. Jurnal Manajemen Dirgantara, 14(2), 275–282.

Kurniawan, A., & Astutik, S. P. (2024). Analisis Peran Kantor Otoritas Bandara Wilayah III dalam mengawasi Fasilitas Navigasi Penerbangan di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Aerospace Engineering, 1(2), 17.

Kurniawan, W., Gunawan, F., Solihin, S., Saputra, S. T., Yusmana, W., Kalbuana, N., & Supri, S. (2023b). Pelatihan pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran di fire station Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta. Penamas: Journal of Community Service, 3(2), 66–76.

Laksono, B. I., & Suprapti, S. (2024a). Analisis Kesiapan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Dalam Kecelakaan Pesawat Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Jurnal of Management and Social Sciences, 2(2), 12–26.

Manalu, B. R. (2022). Implementasi Keadilan Restoratif Dalam Penegakan Hukum Kepabeanan Dan Cukai. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 3(05), 793–809.

Marwan, I. J., Putra, B. W., Kusdarwanto, H., & Sukahir, S. (2023). ANALISA PENAMBAHAN KOMPETENSI VEHICLE ACCIDENT RESCUE (VAR) UNTUK MENINGKATKAN KINERJA

PERSONEL PKP-PK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL KUALANAMU. Prosiding SNITP (Seminar Nasional Inovasi Teknologi Penerbangan), 7(1).

Nengsih, A. S., & Dyahjatmayanti, D. (2023). Penerapan Pelatihan Penanganan Keadaan Darurat Bagi Karyawan di Bandar Udara Internasional Jawa Barat. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(2), 206–214.

Nugraha, W., Abdullah, A., Sutiyo, S., Hendra, O., & Marwan, I. J. (2021). Basic PKP-PK Initial Training Sebagai Sarana Peningkatan Pelayanan Gawat Darurat di Bandar Udara. Darmabakti: Jurnal Inovasi Pengabdian Dalam Penerbangan, 1(2), 121–130.

Oka, I. G. A. A. M., Abdullah, A., & Nugraha, W. (n.d.). Pelatihan Dasar Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran.

Padang, A. B. P., & Tamara, A. P. (2023). ANALISIS PENDIDIKAN DAN PROGRAM PELATIHAN (DIKLAT) DALAM MENUNJANG KESIAPAN PETUGAS PKP-PK DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADI SOEMARMO SOLO. Ground Handling Dirgantara, 5(01), 1–6.

Partoguan, I. E., & Hodi, H. (2023). PENGARUH KEDISIPLINAN DAN KETERAMPILAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN ADMINISTRASI KOMUNIKASI DI BANDAR UDARA HALIM PERDANAKUSUMA. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 102–109.

Permana, K. G. S., & Hilal, R. F. (2022). Analisis Kinerja Personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Untuk Menanggulangi Insiden Kebakaran Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Boyolali. Jurnal Aviasi.

Prayitno, H., Cahyo, D. H., Rusdyansyah, A., Islam, F., Putra, D. E., & Nasrullah, M. N. C. H. (2024). Pengenalan Pesawat Terbang Tingkat Dasar Bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Di Banyuwangi. TEKIBA: Jurnal Teknologi Dan Pengabdian Masyarakat, 4(1), 1–7.

Riska, R., & Maulana, A. D. (2023). Analisis Risiko Bahaya Penerbangan Di Sisi Airside Sebagai Upaya Meminimalisir Risiko Kecelakaan Dengan Metode Hira Di Bandara Udara Sultan Muhammad Salahuddin Bima. Ocean Engineering: Jurnal Ilmu Teknik Dan Teknologi Maritim, 2(4), 37–52.

Sahputra, M. (2020). Negara Dalam Keadaan Darurat Menurut UUD 1945. Jurnal Transformasi Administrasi, 10(1), 80–98.

Toruan, E. P. L. (2022). Literature review faktor-faktor yang mempengaruhi e-commerce: bisnis, internet dan teknologi (literature review perilaku konsumen). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(6), 621–628.

Yogik, Y. H. (2022). Analisis Kinerja dan Pengembangan Karir Karyawan Pada Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (pkp-pk) Di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Ground Handling Dirgantara, 4(01), 146–149.

Diterbitkan

2024-06-03

Cara Mengutip

Leony Serbinakrist Br. Sinuraya, Elisabet Putri Br. Sihaloho, & Lina Rosmayanti. (2024). PELAKSANAAN PROGRAM LATIHAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERSONEL PKP-PK. JIMU:Jurnal Ilmiah Multidisipliner, 2(03), 702–712. https://doi.org/10.70294/jimu.v2i03.433

Terbitan

Bagian

Artikel